Wednesday, October 16, 2013

Membuat Object Garis Pada Strawberry Prolog

Untuk Postingan Kali ini Saya akan Share cara membuat Line atau Garis dengan menyatukannya menjadi sebuah rumah, antena dan pagar dengan berbeda warna antar objeknya pada salah satu Software pembuat Game (Strawberry Prolog). Sebenarnya Software ini di fokuskan untuk membuat beberapa game simple tapi cukup memuaskan, akan tetapi dalam postingan kali ini saya hanya sekedar pengenalan dalam beberapa hal yaitu membuat dan menyatukan garis dalam titik-titik koordinat.

LISTING PROGRAM




LOGIKA PROGRAM
window(_,_,win_func(_),"Laporan Akhir",200,200,600,600).
Sintaks program di atas  yaitu default atau langkah awal dalam membuat program pada Strowberry Prolog. Seperti,  Nama dari program yang akan kita buat dan luas jendela project dengan menggunakan koordinat X1, Y1, X2 dan Y2.

Selanjutnya sintaks yang memberikan perintah untuk merubah warna dan besarnya Object yang akan kita buat.
win_func(paint):-
Pen(5,rgb(0,0,230)),
Seperti sintaks di atas, besar object di buat dengan ukuran ‘5’ dan mengatur warna sesuai dengan RGB nya. Kode warna RGB ini bisa dirubah sesuai dengan keinginan kita, contoh sintaks diatas menggunakan warna Biru dan kode RGB ini bisa lebih mudah di dapatkan pada Adobe Photoshop atau Aplikasi Desaign lainnya.
Setelah cara defaultnya dilakukan, selanjutnya lakukan project yang akan kita buat. Sesuai dengan pembicaraan awal, postingan kali ini membuat object rumah, antena dan pagar dengan menyatukan beberapa garis.
line(150,50,50,150), % Garis Miring Kiri

Pada sintaks di atas adalah pembuatan garis yang dapat kita tentukan letaknya dengan  koordinat X1,Y1,X2 dan Y2. Contoh sintaks di atas akan menghasilkan garis seperti ini :


dan tanda ‘%’ pada sintaks tersebut adalah sebuah komentar yang berfungsi untuk memudahkan dan mengingatkan object yang telah kita buat. Terakhir, akhiri sintaks program dengan titik.

PRINT OUT


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms