Untuk
Postingan Kali ini Saya akan Share cara membuat Line
atau Garis dengan menyatukannya menjadi sebuah rumah, antena dan pagar
dengan berbeda warna antar objeknya pada salah satu Software pembuat Game
(Strawberry Prolog). Sebenarnya Software ini di fokuskan untuk membuat beberapa
game simple tapi cukup memuaskan, akan tetapi dalam postingan kali ini saya hanya sekedar pengenalan dalam beberapa hal yaitu membuat dan menyatukan garis
dalam titik-titik koordinat.
LISTING PROGRAM
LOGIKA PROGRAM
window(_,_,win_func(_),"Laporan
Akhir",200,200,600,600).
Sintaks
program di atas yaitu default atau
langkah awal dalam membuat program pada Strowberry Prolog. Seperti, Nama dari program yang akan kita buat dan
luas jendela project dengan menggunakan koordinat X1, Y1, X2 dan Y2.
Selanjutnya
sintaks yang memberikan perintah untuk merubah warna dan besarnya Object yang
akan kita buat.
win_func(paint):-
Pen(5,rgb(0,0,230)),
Seperti
sintaks di atas, besar object di buat dengan ukuran ‘5’ dan mengatur warna
sesuai dengan RGB nya. Kode warna RGB ini bisa dirubah sesuai dengan keinginan
kita, contoh sintaks diatas menggunakan warna Biru dan kode RGB ini bisa lebih
mudah di dapatkan pada Adobe Photoshop atau Aplikasi Desaign lainnya.
Setelah
cara defaultnya dilakukan, selanjutnya lakukan project yang akan kita buat.
Sesuai dengan pembicaraan awal, postingan kali ini membuat object rumah,
antena dan pagar dengan menyatukan beberapa garis.
line(150,50,50,150),
% Garis Miring Kiri
Pada
sintaks di atas adalah pembuatan garis yang dapat kita tentukan letaknya
dengan koordinat X1,Y1,X2 dan Y2. Contoh
sintaks di atas akan menghasilkan garis seperti ini :
dan tanda ‘%’
pada sintaks tersebut adalah sebuah komentar yang berfungsi untuk memudahkan
dan mengingatkan object yang telah kita buat. Terakhir, akhiri sintaks program
dengan titik.
PRINT OUT
0 comments:
Post a Comment