Monday, April 7, 2014

Tahap - Tahap Pembuatan Game

Pada postingan kali ini, saya akan memberikan beberapa tahap-tahap pembuatan game berikut dengan beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat game sederhana. Pada dasarnya kita semua bisa melakukannya karena survei beberapa orang di dunia sangatlah menyukai bermain game, memang berawal dari bermain game. Dengan cara kita bermain game, maka imajinasi kita dalam membuat gamepun bisa di gunakan saat-saat pembuatan game. Ada beberapa tahap yang perlu kita perhatikan dalam pembuatan game.

Tahap-Tahap Dalam Membuat Sebuah Game 

1. Tentukan Genre Game
Tahap yang paling awal dalam pembuatan sebuah game adalah menentukan genre atau tema dari game tersebut. Ini merupakan salah satu hal yang harus dilakukan agar kedepannya semua fokus dan tidak melenceng dari tema tersebut. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga kesolidan antar tiap bagian dari team tersebut dimana jika semua setuju dan menyukai tema yang diangkat maka ini juga dapat meningkatkan semangat dalam menyelesaikan game tersebut.

2. Tentukan Tool yang ingin digunakan
Dalam membuat game tentu kita memerlukan suatu tool yang digunakan untuk mewujudkan game tersebut. Ada dua cara dalam membuat suatu game yaitu :
Dengan membuat sendiri program yang akan digunakan untuk membuat game ( umumnya professional game developer yang menggunakan cara ini).
Dengan menggunakan program jadi yang tinggal kita gunakan.
Jika kita ingin membuat program sendiri maka kita dapat membuatnya dengan menggunakan bahas pemrograman seperti “Visual Basic”, “C++”,dll. Sedangkan jika kita ingin membuat dengan menggunakan sebuah program jadi maka bisa menggunakan softwere-softwere sebagai berikut

Game maker
Developer : Mark Overmars
Difficulty : Easy-Intermediate

Game maker merupakan suatu program yang bisa dikatakan cukup simple dan mudah untuk digunakan. Dengan program ini anda dapat menciptakan game jenis apa saja yang anda inginkan seperti: racing,action,fighting,rpg,adventure,puzzle,tactic,simulation,dll. Program ini lebih focus pada game berjenis 2D tetapi program ini juga menyediakan feature yang memungkinkan anda untuk membuat game jenis 3D ,namun anda tidak bisa membuat game sekelas “Halo”, ”Empire Earth”, “Need for Speed”, dengan program ini. Karena feature 3D yang diberikan hanya untuk membuat game 3D yang sederhana. 

Script yang dipakai adalah GML (Game Maker Language) yang juga bisa dipadukan dengan programming language seperti Delphi,C,dan sebagainya,hal ini bisa dilakukan dalam kapasitas penggunaan DLL (Dynamic Link Library,berupa semacam plugin yang mengandung fungsi-fungsi yang tidak dimiliki oleh GameMaker)


RPG Maker (R.M)
Developer : Enterbrain
Difficulty : Easy

R.M merupakan program yang difokuskan untuk membuat game bertipe R.P.G (Role Playing Game). Program ini bisa dikatakan cukup mudah untuk dipahami, karena dilengkapi dengan tools-tools yang bisa dibilang tidak terlalu rumit. Umumnya banyak orang-orang yang mulai membuat game karena kecintaanya dengan dunia R.P.G , Misalkan setelah bermain “Suikoden “ atau “Final Fantasy”,seseorang merasa ingin membuat game R.P.G. serupa. mungkin anda salah satu dari orang –orang itu, jadi anda bisa mulai mencari program ini. Sebab dengan program ini anda dapat membuat game R.P.G sebebas-bebas mungkin.

Script yang dipakai dalam RPGmaker XP adalah RGSS (Ruby Game Scripting System,sebuah system script turunan dari bahasa Ruby),sementara untuk RPGmaker terbaru (RPGmaker VX) yang dipakai adalah pengembangan dari RGSS,yaitu RGSS2.


AGS( Adventure Game Studio)
AGS adalah program yang khusus untuk membuat game bertipe “point and click”. Mungkin sebagian dari anda ada yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan “point and click”. Point and click adalah jenis game yang umumnya bertipe adventure atau puzzle. Game bertipe ini dimainkan dengan menggunakan mouse sebagai penentu arah bagi karakter, game bertipe ini sendiri sempat meledak dan mengalahkan game  console “Atari”, ketika awal  kebangkitan game PC. Contoh - contoh game bertipe point and click adalah Clock Tower ( playstation one), Broken Sword, Monkey Island ,Day of the Tentacle.Jadi bagi anda yang penasaran atau hobi membuat cerita petualangan atau fiksi ilmiah dan ingin membuat cerita tsb menjadi game , anda bisa menggunakan program ini.


Macromedia Flash
Developer : Macromedia
Difficulty : Easy

Mungkin sudah banyak orang yang tahu tentang program yang satu ini. Program ini sebetulnya digunakan untuk membuat presentasi atau mendisain web. Namun selain itu dengan sedikit kreatifitas anda dapat membuat game sederhana dengan program ini. Sebab program ini tidak ditujukan untuk membuat game yang berat.


3D Game Studio
Developer : Conitec
Difficulty : Intermediate

Program yang satu ini ditujukan untuk membuat game-game bertipe 3D ataupun 2D. Namun program ini lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D. Tapi untuk tambahan , program ini bisa dikatakan cukup sulit digunakan bagi anda yang belum memiliki pemahaman dasar tentang 3D maupun tentang membuat game. Kelebihan dari program ini adalah , anda dapat membuat game sekelas dengan “Medal of Honor”, “Onimusha” , “ Prince of Persia”, “Ghost Recon”, ”Grand Theft Auto”, dll . Jadi bila anda sudah mengerti tentang dasar dari membuat game, mungkin anda dapat mencoba program ini.


Dalam 3D Game Studio terdapat 3 program utama,yaitu:
  • MED (Model Editor) : Program yang berfungsi sebagai editor model bagi 3D Game Studio
  • SED (Script Editor) : Sebagai pengolah script dalam 3D Game Studio,script standar yang dipakai adalah C-Script dan Lite C.
  • WED (Level Editor) : Sebagai pengolah level/area permainan bagi 3D Game Studio.

Itu adalah sedikit dari sekian banyaknya program yang dapat anda gunakan. Masih banyak program-program lainnya yang dapat digunakan untuk membuat game. Disini diperlukan kerjasama antar tiap bagian dalam team untuk menentukan tool yang akan digunakan.

3. Tentukan gameplay game
Gameplay yang dimaksudkan disini adalah alur atau system dari game itu sendiri.  Biasanya tampilan-tampilan yang menarik dan dekat dengan kehiduapn sehari-hari akan banyak diminati oleh para pecinta gamers, terlebih lagi jika game tersebut hanya memerlukan spesifikasi yang standar untuk memainkannya. Disinilah kepandaian Game Designer sangat diperlukan dalam menentukan alur dan aturan game tersebut. 

4. Tentukan grafis yang ingin digunakan
Secara sederhana grafis dapat dibagi menjadi 3 macam, antara lain :
  • Kartun
  • Semi-real
  • Real

Dalam memilih grafis kita juga harus menyesuaikan dengan tool yang telah kita tentukan. Dalam hal ini bagian Game Designer dan Artist yang terutama menentukan penggunaan grafisnya.  

5. Tentukan suara yang ingin digunakan
Penentuan dan penempatan suara dalam sebuah game mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam meningkatkan ketertarikan para gamers terhadap game yang dibuat. Dalam hal inilah dibutuhkan keahlian dari  bagian Composer untuk menentukan suara/musik untuk game tersebut.

6. Lakukan perencanaan waktu
Sepertinya hal ini adalah hal yang sepele, namun jika Anda menyepelekan hal ini dan tidak bisa memanage waktu. Maka Anda tidak akan focus pada game yang Anda buat dan nantinya game yang Anda buat akan kurang atau bahkan sama sekali tidak diminati oleh para gamers. 

7. Proses pembuatan
Sebelum melakukan proses pembuatan sebuah game, adakalanya Anda benar-benar sudah mempersiapkan tool-tool yang nantinya akan Anda gunakan dalam pembuatan sebuah game. Atau jika Anda tidak mampu untuk menyediakan semuanya, Anda dapat meminta bantuan dari orang-orang sekitar Anda. 

8. Lakukan publishing
Jika Anda sudah merasa game yang Anda buat sudah cukup berkompeten, tidak ada salahnya Anda mulai mempublikasikan game yang Anda bua tersebut. Proses pempublikasian dapat dilakukan dengan cara melalui media-media elektronik, cetak dan sebagainya, ataupun Anda dapat melakukannya melalui teman-teman Anda secara mulut ke mulut.

Demikian tahap demi tahap dalam pembuatan suatu game agar game tersebut dapat terselesaikan dengan baik.. ^^




0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms