Saturday, October 3, 2015

Interview kerja diriku sebagai SEO specialist

Foto Interview kerja


Hi guys, udah lama nih ga posting. Rasanya tangan keram karena tidak menulis artikel. Hehe..

Kali ini saya akan menulis tentang pengalaman saya saat mencari kerja, dimulai dari persiapan materi, praktek sampai ke mental. Saya mempersiapkan semua itu karena saya ingin menjadi seseorang yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan dan selalu berkembang.

Oke, pertama saya mempersiapkan materi. Maksud dari persiapan meteri ini saya memahami bahwa perusahaan ini bergerak dibidang apa dan memahami seperti apa pekerjaan yang akan yang kita posisikan nanti. Persiapan materi ini penting, karena sangat membantu kita saat interview nanti. Semakin dalam materi yang kita kuasai, maka semakin kecil pula kemungkinan kita untuk menjawab gugup saat di interview oleh HRD maupun user.

Persiapan yang kedua yaitu mempesiapkan diri agar bisa bekerja sesuai posisi yang kita apply. Kalau saya pribadi apply pada posisi Web Developer jadi saya harus bisa melakukan hal apapun yang bergerak dibidangnya. Contoh praktek atau pekerjaan sebagai Web Developer yaitu menangani front end, back end hingga maintenance web. Yang harus diingat walaupun kita apply diposisi yang sama, kemungkinan ada beberapa kerjaan yang berbeda di beberapa perusahaan. Jadi sangat di rekomendasikan kita memperhatikan Job Script posisi saat ingin apply CV.

Persiapan ketiga yang saya siapkan yaitu mental. Hmmmm.. lebay ga sih kalau saya bilang seperti ini ? balik ke diri kita masing-masing ya guys. Ada yang memang sudah mempunyai mental kuat tapi materi kosong dan ada juga yang menguasai materi tapi mental kopong. Naahh, maka dari itu untuk memperkuat diri kita saat di interview nanti alangkah baiknya kita persiapkan semuanya minimal 3 point yang saya share.

Btw ini kan baru persiapannya nih guys, untuk pengalamannya sendiri cukup keringat dingin sih. Terkadang saya sampe sering mendengarkan lagu iwan fals yang berjudul sarjana muda tapi saya sedikit kesampingkan lirik tersebut karena pekerjaan yang saya cari melalui online. Hehe..

Pengalaman pertama setelah saya lulus kuliah itu di panggil oleh salah satu perusahaan startup di jakarta yang bergerak di bidang peminjaman uang. Saya apply CV disana karena ada teman saya yang terlebih dahulu sudah kerja di perusahaan tersebut dan kebetulan perusahaannya emang lagi butuh seseorang sebagai SEO Specialist. Selang waktu beberapa hari saya di panggil untuk mengikuti interview di salah satu gedung besar yang ada di jakarta pusat. Dengan segala persiapan yang cukup matang, saya datang dan menghadapi resepsionis perusahaan tersebut untuk menemui pihak kantor yang akan meng interview diri saya. Nahh.. ada sedikit yang berbeda nih guys dari pengalaman saya yang satu ini, saya tidak di interview oleh HRD namun langsung di interview oleh user karena ada bantuan dari teman. Hehe.. Eitz, jangan berfikir kalau saya orang yang hoki ya guys. Walapun saya tidak di interview oleh HRD saya di interview oleh 3 user sekaligus. Tegang ga tuh ?? Bangeett.. -_-

Bla..bla..bla.. interview pun berakhir dan saya pulang dengan sedikit lemas. Kenapa ? ternyata ada 1 calon kandidat lagi yang apply dengan posisi yang sama dan dengan tittle lebih tinggi dari saya. Sepanjang perjalanan bahkan sampai beberapa hari saya selalu menunggu hasil keputusan perusahaan, hingga saat ini saya dan calon kandidat 1 nya lagi juga belom di panggil-panggil. Mungkin perusahaan bingung akan memilih siapa. :D

Sambil menunggu, hmmmm.. ga nungguin banget sih soalnya takut jatuh terlalu dalam. Haha.. lanjutt, sambil menunggu saya apply ke perusahaan lain dengan posisi berbeda yaitu sebagai Web Developer. Al-hamdulillah hanya beda 1 hari dari pengiriman CV melalui email, saya dipanggil pihak perusahaan untuk menghadiri interview di kantornya. Naahh, untuk perusahaan yang ini saya belom sempet kesana. Jadi tunggu cerita selanjutnya yaa.. ^^

Intinya kita harus bisa mempersiapkan 3 point tadi lalu optimis dan berdoalah ke yang maha kuasa agar segala urusan kita selalu di permudah.

1 comments:

chikimo said...

nice artikelnya sangat bagus.salam st3telkom

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms