Thursday, October 17, 2013

Cara Instal Xampp dan Membuat Database

Untuk Postingan ini yaitu cara menginstal MySQL dan membuat Database. Ada beberapa Software yang bisa digunakan untuk membuat Database dalam setiap pekerjaan. Dalam Postingan ini yaitu membuat Database dengan XAMPP Server. Sebelum melangkah dalam pembuatan Database yaitu bagaimana cara menginstal software nya (XAMPP).
Pertama double klik setup Xampp dan akan muncul window seperti ini :

Selanjutnya pilih lokasi penyimpanan data dengan klik browse, jika sudah lanjutkan penginstalan dengan klik Instal dan akan memproses semua data agar dapat kita gunakan nanti.


Jika sudah terinstal akan ada tampilan window baru dengan command promt. Ada beberapa choice yang akan di input untuk menjalankan aplikasi ini.
Proses penginstalannya pun sudah selesai, selanjutnya yaitu cara pembuatan data di XAMPP dengan menggunakan Command Prompt.
Langkah awal kita membuat sebuah database, terlebih dahulu harus mengaktivkan beberapa menu yang terletak pada xampp-control dengan cara klik kedua Button Start Apache dan Mysql, sehingga keduanya akan running dan dapat kita mulai membuat database. Lalu double klik Command Prompt yang ada di desktop atau bisa kita dapatkan Command Promt di Menu Start – Accessoris – Command Prompt. 



Selanjuutnya ketikkan cd xampp\mysql\bin pada command prompt agar kita bisa menggunakan xampp dalam membuat database, lalu ketikkan mysql –u root Sintaks ini menunjukkan bahwa kita masuk sebagai user admin.


Setelah kita masuk sebagai user admin, mulailah membuat database. Create database pegawai; (enter) dan ketikkan show databases; (enter) untuk menentukan apakah nama database kita sudah tampil.


Selanjutnya gunakan database pegawai untuk melanjutkan membuat database dengan mengetikkan use pegawai; (enter) buatlah table terlebih dahulu sebelum mengisi data create table pribadi(.....);


setelah table dan data di isi, kita dapat menampilkannya dengan mengetikkan show table; lalu desc pribadi;



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms