Sunday, October 6, 2013

Membuat Jaringan Wi-Fi Dengan DOS

Kali ini saya akan membuat catatan yang pastinya untuk di share buat sahabat semuanya. Kemungkinan besar beberapa orang yang bergelut dengan jaringan atau IT pastinya lebih tau cara satu ini. Sebenarnya banyak cara untuk membuat Jaringan WiFi di laptop, akan tetapi cara-cara yang lain menggunakan software yang kemungkinan tidak bekerja 100%. Sangatlah rugi bagi kita untuk membuat waktu mendownload software dan rugi quota pastinya, hehehe :)

Oke, Mulai saja Inti dari catatan ini.. Cara yang akan saya share yaitu melalui DOS yang pastinya Menggunakan Command Prompt dan mengubah beberapa settingan pada Network and Sharing Center yang terletak pada Control Panel..

Langkah Pertama :
1. Bukalah Command Prompt Sobat (Run Administrator), beberapa cara untuk membuka Command Prompt :
  • Klik Menu Start - Accessories - Command Prompt
  • Menggunakan Shortcut Keyboard (Windows + R), Ketikkan CMD Lalu OKE
2. Mulailah membuat jaringan dengan mengetikkan : netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid"BolankSpot" key=satuduatiga
  • SSID -> Nama Hostpot Atau WiFi yang akan sobat buat
  • Key -> Password Hostpot Atau WiFi yang akan sobat buat
  

3. Mulailah Masuk ke Network and Sharing Center -> Start - Control Panel - Network and Internet - Network and Sharing Center - Change Adapter Setting. Klik Kanan Pada Wireless Terminal lalu pilih Menu Sharing, Centanglah Allow Other Network to Connect Through ............. dan Jangan Lupa Untuk merubah Home Networking Connection Menjadi Wireless Connection Network 2.


4. Oke, hingga langkah ke 3 tadi Jaringan sudah kita buat. Selanjutnya adalah mengaktivkan jaringan sehingga jaringan WiFi tsb bisa kita dapat dari Perangkat lain sebagai Hostpot. Kembali lagi ke Command Prompt dan ketikkan netsh wlan start hostednetwork (Utk Mengaktivkan) netsh wlan stop hostednetwork (Utk Men_non_Aktivkan)

5. Selamat Menikmati Jaringan WiFi yang sudah Sobat buat..

NB : Ingat, Jaringan WiFi Bisa di Buat Jika Sudah Terdapat Perangkat WiFi pada Laptop dan Sudah di On kan Wireless nya..

Cukup Sekian Catatan Kali ni, Sampai Jumpa di Postingan Selanjutnya ;)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms