Pengenalan MYOB


Untuk Laporan Akhir pada pertemua pertama ini kita akan membahas Akuntansi yang menggunakan aplikasi MYOB. Sebelum kita berlanjut ke pembahasan selanjutnya, kita harus mengenali apa itu MYOB, Fungsi MYOB dan baru kita mengetahui step by step penggunaan MYOB.

Oke kita mulai dari mengenali ‘Apa itu MYOB’. MYOB adalah Softaware komputer Akuntansi yang banyak diGunakan oleh perusahaan di Indonesia dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam menghasilkan laporan keuangan. Selanjutnya ‘Apa Fungsi MYOB’ khususnya untuk pengguna Umum nya yaitu para Akuntan. Fungsi MYOB adalah :

  • ·         Alat bantu orang – orang untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi
  • ·         Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan
  • ·         Mengerti lebih dalam bisnis
  • ·    Membantu kita dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables) and pajak (GST), email your quotes dan invoice dan banyak lagi – semuanya hanya dengan meng-klik beberapa tombol saja.
  • ·         Mengelola barang dagangan
  • ·         Untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan,dll

Setelah kita mengetahui apa itu MYOB dan apa Fungsi MYOB mari kita pelajara dan ketahui step step penggunaan software MYOB. Berikut adalah step penggunaan Software MYOB dengan modal pembukuan seperti gambar di bawah ini,
  

Step pertama yaitu peng_instalan software pada komputer atau laptop yang akan kita gunakan (tergantung pemakaian user), pada kali ini kita akan menggunakan MYOB versi 12. Setelah software ter_install, double klik icon MYOB yang tertampil pada desktop komputer / Laptop. Berikut adalah cara atau step selanjutnya pada penggunaan MYOB :
  • -       Buka MYOB yang sudah ter_install, jika sudah terbuka pilih CREATE.


      
  •  Selanjutnya yaitu masuk pada kotak dialog Introduction lalu pilih Next.



  •   Isilah kolom bagian Company Name, Address dan E-Mail lalu pilih Next.



  •  Isilah kolom Current Financial Year, Last Month of Financial dan Conversion Month lalu pilih Next.



                Keterangan :
Ø  Current Financial Year = Tahun Awal Pembuatan Pembukuan
Ø  Last Month of Financial = Bulan Akhir Pembuatan Pembukuan
Ø  Conversion Month = Bulan Awal Pendataan Pembukuan

  • -       Pilihlah pilihan ke-3 pada kotak dialog berikut lalu pilih Next.



                        Maksud dari pilihan kotak ke-3 ini adalah Kita sebagai user akan membuat account dengan   
             pembuatan list-list tersendiri bukan yang sudah tersedia pada MYOB nya.

  • -       Pilih Next untuk memulai Proyek lalu pilih Command Centre dan pilih Next lagi.


     

  •     Setelah itu akan tampil tampilan dialog seperti berikut dengan beberapa pilihan menu yang akan kita gunakan. Untuk proyek kali ini kita menggunakan menu Accounts dan pilih Accounts List.





  • Pada tampilan Account List akan tampil pula beberapa pilihan Tab yang akan kita gunakan. Penggunaan tab sesuai dengan kebutuhan atau keperluan kita untuk membuat proyek kita dengan rapih.



                    Pada Account List ini kita dapat meng_edit semua nya sesuai kebutuhan peng_editan data.            
             Seperti Header yaitu Assets, Liabilities dll yang bertulis tebal, type dan Linked yang dapat kita ubah 
             atau edit.

1 comments:

Unknown said...

kita juga punya nih jurnal mengenai MYOB silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4626/1/00.%20SLIDE%20PRESENTASI.pdf

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms